Perhutani CSIRT Mengikuti Kegiatan Cross Sectoral Cyber Exercise

Jakarta, PERHUTANI (28/03/2024) – Tim PERHUTANI-CSIRT berhasil menyelesaikan seluruh soal pertanyaan yang diberikan dan berhasil memperoleh posisi ke lima pada kegiatan Cross Sectoral Cyber Exercise yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) secara daring pada Kamis 28 Maret 2024. Pada kegiatan ini, PERHUTANI-CSIRT mengikutsertakan 1 tim yang berjumlah 5 orang dari Sub Tim Keamanan Informasi dan Sub Tim Pengelola Jaringan dan Server.

Tema yang diangkat pada kegiatan kali ini adalah tanggap insiden web defacement judi online pada situs web untuk Portal Layanan dan Ekspedisi (PALE) dimana tim CSIRT tiap-tiap instansi akan bertindak sebagai tim keamanan yang bertugas menemukan sumber insiden dan melakukan pemulihan terhadap sistem dengan cara menganalisis insiden yang terjadi melalui bukti elektronik yang dapat dikumpulkan dari sistem PALE.

Setiap peserta diminta untuk mengakses lab yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara dengan menggunakan platform cybertask, kemudian menyelesaikan beberapa soal pertanyaan dalam lab. Adapun setiap tim nya hanya diminta untuk menginput satu jawaban benar ke dalam sistem. 

Sebagai informasi, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan National Cyber Exercise Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh BSSN tiap tahunnya.

Kegiatan ini melibatkan seluruh instansi Kementerian dan Lembaga Pemerintah di tingkat pusat maupun daerah, guna meningkatkan kesiapsiagaan tim respon insiden keamanan siber dalam melaksanakan deteksi dan cegah dini, serta mitigasi dan respon ancaman siber secara komprehensif dan efektif.

Previous Post

Lanskap Keamanan Siber Indonesia Tahun 2022

Next Post

Awas! Ada Modus Baru Kuras Duit di Rekening