Perhutani-CSIRT Kembali Meriahkan National Cyber Exercise#5 Bekasi

Jakarta, PERHUTANI (23/08/2024) – Kegiatan National Cyber Exercise yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) kembali diadakan pada 06-07 Agustus 2024. Ini merupakan kali kelima BSSN mengadakan ajang Cyber Drill pada tahun 2024.

Dengan mengusung tema Malware Stealer yang terjadi pada perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, seperti kegiatan sebelumnya, setiap peserta diminta untuk mengakses lab yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara dengan menggunakan platform cybertask dan selanjutnya menyelesaikan beberapa soal pertanyaan dalam lab. Adapun setiap tim nya hanya diminta untuk menginput satu jawaban benar ke dalam sistem. Untuk memperoleh peringkat tertinggi, ketelitian serta kecepatan dalam menjawab soal menjadi pertimbangan untuk penilaian.

Pada kegiatan National Cyber Exercise kali ini, tools yang digunakan untuk membantu dalam penyelesaian masalah penanganan insiden ransomware adalah The Hive, Elastic SIEM, Hash Calc, serta Virus Total. Pada kegiatan kali ini, tim PERHUTANI-CSIRT berhasil memperoleh skor 79.67 dengan total percobaan gagal sebanyak 97 kali.

Kegiatan ini melibatkan instansi Kementerian dan Lembaga Pemerintah di tingkat pusat, daerah dan juga universitas guna meningkatkan kesiapsiagaan tim respon insiden keamanan siber dalam melaksanakan deteksi dan cegah dini, serta mitigasi dan respon ancaman siber secara komprehensif dan efektif.

Melalui keterlibatan aktif dalam seluruh kegiatan yang diadakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), kami berharap pengalaman ini telah memberikan wawasan, pengalaman dan tambahan ilmu untuk semua peserta tentang pentingnya perlindungan data dan respons yang cepat terhadap ancaman ransomware. Semoga kita semua dapat terus memperkuat pertahanan cyber demi keamanan bersama.

Previous Post

Mengenal Blue Screen of Death CrowdStrike, Gangguan Pada Perangkat Windows Global